Partai Ummat , Partai Yang Didirikan Oleh Amien Rais Dan Dipimpin Oleh Menantunya

Partai Ummat , Partai Yang Didirikan Oleh Amien Rais Dan Dipimpin Oleh Menantunya post thumbnail image

Partai Ummat – Indonesia baru saja kehadiran partai politik baru yang bernama Partai Ummat. Yap , Partai Ummat telah resmi mendeklarasikan diri pada hari Kamis ,29 April 2021 lalu. Partai ini didirikan oleh Amien Rais yang merupakan politikus senior di Tanah Air.

Sebelum mendirikan partai terbarunya , Amien Rais dikenal sebagai salah satu pendiri Partai Amanat Nasional (PAN). Namun kini perjalanan politiknya telah berlabuh dengan mendirikan partai baru yang bernama Partai Ummat.

Partai ini dipimpin oleh Ridho Rahmadi yang merupakan suami dari Tasniem Rais , putri Amien Rais. Dengan kata lain Ridho adalah menantu dari Amien Rais yang menjabat sebagai Ketua Majelis Syuro Partai Ummat.

Sejarah Berdirinya Partai Ummat

Berdirinya Partai Ummat tak lepas dari dinamika politik yang dialami Amien Rais di partai sebelumnya, PAN. Pada Kongres V Pan yang berlangsung pada Februari 2020 lalu , pertemuan ini mengagendakan pemilihan ketua umum PAN untuk periode 2020-2025.

Kala itu Amien Rais mendukung Mulfachri Harahap sebagai calon ketua umum dan Hanafi Rais sebagai sekretaris jenderal. Pilhannya tersebut berhadapan dengan calon ketua umum petahana, Zulkifli Hasan. Kongres ini sempat mengalami kericuhan dimana ada aksi lempar batu. Namun kongres tetap berjalan dan menghasilkan Zulkifli Hasan tetap sebagai Ketua Umum PAN.

Tak lama setelah pemilihan , Hanafi Rais yang merupakan putra Amien Rais mengundurkan diri dari kepengurusan klikwin88 PAN dan anggota DPR pada tahun 2020. Hal yang sama juga dilakukan oleh sang Ayah , Amien Rais yang mengaku sudah keluar dari PAN dengan alasan perbedaan prinsip. Dan pada tanggal 10 September 2020 , Amien menyatakan jika dirinya akan mendirikan sebuah partai politik baru.

Satu tahun berlalu , Amien Rais akhirnya resmi mendeklarasikan partai terbarunya tersebut pada tanggal 29 April 2021 di Yogyakarta. Partai yang identik dengan warna hitam dan emas telah memiliki jajaran Dewan Pengurus Pusat (DPP) dan pengurus Majelis Syuro. Dan pada deklrasinya tersebut , Ridho Rahmadi dipilih sebagai Ketua Umum Partai Ummat.

Uniknya , Ridho akan menjadi orang termuda yang pernah menjabat sebagai Ketua Umum suatu partai jika nanti disahkan oleh Kemenkumham. Ridho lahir pada 13 April 1985 , yang berarti saat ini ia masih berusia 36 tahun.

Menurut sejarah politik Indonesia , Ketua Umum termuda sebelumnya dipegang oleh Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang merupakan Ketua Umum Partai Demokrat. Saat peresmiannya sebagai Ketua Umum , Agus diketahui masih berusia 42 tahun.

Related Post