Salah satu partai politik yang ternama di Indonesia adalah Partai Demokrat. Tidak heran kalau partai ini identik dengan SBY, karena memang mantan presiden Indonesia ke-6 ini adalah penggagas partai berlambang segitiga tersebut.

Sudah menginjak usia 20 tahun Partai Demokrat tergolong sebagai gerakan politik yang sangat berperan dalam perkembangan politik di Indonesia. Partai Demokrat sering mengambil bagian dalam kegiatan dan misi pengembangan negara.

Sejarah Partai Demokrat, Identik dengan SBY

Baca Juga :

Sejarah Perang Konflik Afghanistan Dan Taliban

Partai Demokrat Di Pinpim SBY Hingga Ditempati Oleh Agus Harimurti Yudhoyono

Partai Demokrat berdiri sejak 9 September 2001, dan sudah lama masuk kancah politik tanah air. Namun tidak sendiri, SBY dibantu oleh ketua Demokrat lainnya. Tercatat ada sebanyak 50 orang terdaftar sebagai pendiri dari partai nasional Indonesia ini.

Namun ketua partai, SBY menginginkan agar pendiri partai ini menjadi 99 orang. Ide ini muncul dari tanggal dan bulan lahir SBY yaitu pada 9 September. Pada 9 September 2011 99 orang memberikan pernyataan untuk bersedia menjadi pendiri partai Demokrat.

Acara dilangsungkan di Gedung Graha Pratama Lantai XI, Jakarta Selatan di hadapan Notaris Aswendi Kamuli. Vence Rumangkang, orang yang namanya masuk anggota awal pendiri Partai Demokrat memberikan usul agar menyusun konsep anggota agar dapat mencapai kerja sama Demokrat lebih maju.

Perkembangan Partai Demokrat Dalam Dunia Politik

Subur Budhisantoso naik sebagai Pejabat Ketua Umum. Dan Irsan Tandjung sebagai Pejabat Sekretaris Jenderal sementara Bendahara Umum dijabat oleh Vence Rumangkang. Pada 25 September 2001 terbitlah Surat Keputusan Menteri Kehakiman dan HAM Nomor M.MU.06.08.-138 tentang pendaftaran dan pengesahan Partai Demokrat.

Awal masuknya SBY dalam partai Demokrat adalah pada tahun 2013. Saat itu SBY menggantikan posisi Anas yang merupakan ketua umum ke-3 Partai Demokrat. Anas saat itu diturunkan dari jabatannya karena terkait kasus korupsi. Saat menggantikan Anas, SBY masih menjabat sebagai Presiden RI.

SBY pensiun pada tahun 2020, dan kemudian posisi SBY turun keanak kandung nya Agus Harimurti Yudhoyono. Sejak 2020 hingga saat ini Agus menjadi salah satu ketua umum Partai Demokrat bersama dengan dukungan anggota Agus masih melancarkan pergerakan politik yang membangun bangsa.